Tips Cara Bermain Game Sehat Tanpa Melupakan Berbagai Aktivitas Sehari-hari

main game

Tips Cara Bermain Game Sehat Tanpa Melupakan Berbagai Aktivitas Sehari-hari – Bermain sebuah game bisa membuat seseorang kecanduan. Saking candunya, orang tersebut bisa melupakan berbagai hal, termasuk aktivitas sehari-hari seperti makan atau pun membersihkan diri. Karena game juga, seseorang bisa sampai melupakan kewajibannya dan lebih memilih mendekam seharian di kamar.

Tujuan awal dari bermain game adalah untuk bisa membuat diri lebih santai karena tekanan dari pekerjaan atau kewajiban. Akan tetapi jika sebuah game sudah menyita sebagian besar waktu dalam hidup, cara bermainanmu sudah tidak sehat dan wajib untuk segera diperbaiki. Supaya bisa tetap bisa bermain dengan baik dan seimbang dengan kegiatan lain dalam kehidupan sehari-hari, ikuti tips bermain sehat berikut ini.

Dahulukan Kewajiban

Langkah pertama cara bermain game sehat adalah dengan menuntaskan semua kewajiban terlebih dahulu. Jangan sampai mencuri-curi waktu di antara kewajiban kerja atau belajar. Bukannya mendapatkan sensasi santai dari bermain yang ada justru di akhir akan dikejar-kejar kewajiban yang belum tuntas. Hal ini berlaku bagi pelajar, pegawai bahkan pekerja yang ada di rumah sekali pun.

Jangan sampai semua pekerjaan jadi terbengkalai hanya karena ingin menuntaskan suatu game. Tuntaskan semua pekerjaan rumah, pekerjaan kantor dan kewajiban lainnya terlebih dahulu. Saat semua pekerjaan telah selesai maka waktu yang digunakan untuk bermain pun akan lebih terasa lapang tanpa takut dikejar-kejar rasa bersalah karena belum menyelesaikan kewajiban.

Batasi Waktu Bermain

Cara bermain game sehat berikutnya adalah dengan membatasi waktu bermain. Saat sudah mulai larut dalam permainan, seberapa lamanya waktu yang dihabiskan dalam sebuah game terkadang diabaikan. Sebelum semakin larut dalam permainan maka tetapkan terlebih dahulu berapa lama yang akan kamu habiskan untuk bermain game. Waktu yang dikhususkan bisa 45 menit dalam sehari atau mungkin dua jam sehari. Jika perlu, gunakan alarm di ponsel sebagai pengingat waktu harus berhenti.

Ada baiknya buat waktu khusus atau jadwal tersendiri untuk bermain game. Dengan adanya jadwal bermain khusus bisa menghindari penggunaan waktu untuk bermain yang berlebihan. Namun perlu diingat, jika penbuatan jadwal ini ingin berhasil maka pemain game pun harus bisa disiplin dengan diri sendiri untuk bisa mematuhi peraturan yang sudah dibuat. Pilihlah waktu bermain di jam-jam luang setelah berkegiatan.

Jadikan Waktu Bermain Game sebagai Imbalan

Cara bermain game yang sehat selanjutnya mungkin terdengar seperti iming-iming supaya anak mau melakukan sesuatu yang diperintah oleh orang tuanya. Akan tetapi imbalan waktu bermain juga berlaku dan bisa diterapkan pada orang-orang yang sudah dewasa. Dengan menjadikan waktu tertentu sebagai imbalan untuk bermain karena sudah melakukan suatu pekerjaan akan semakin memotivasi seseorang untuk melakukan pekerjaan dengan lebih baik dan diselesaikan dengan lebih cepat.

Imbalan ini bisa diterapkan jika suatu waktu kamu terjebak pada suatu pekerjaan yang tidak kunjung selesai hanya dalam hitungan jam. Pekerjaan itu mungkin saja baru selesai berhari-hari kemudian. Untuk menebus waktu bermain game yang terpangkas karena pekerjaan atau kewajiban lainnya tersebut maka imbalan waktu bermain lebih sah-sah saja untuk digunakan. Jika pada awalnya waktu bermain yang ditetapkan dalam sehari hanya satu jam, maka untuk imbalan atas kerja kerasmu, waktu bermain ditambah menjadi tiga jam.

Tips cara bermain game sehat di atas bisa diterapkan kepada siapa saja, tidak terbatas pada usia. Tips ini juga bisa membantu mengurangi kecanduan bermain game yang sudah mulai menjangkiti banyak kalangan. Dengan mengikuti tips ini kehidupan sehari-hari dan bermain game akan lebih seimbang tanpa harus mengorbankan satu kepentingan untuk kepentingan yang lainnya.

Baca Juga: Begini 6 Cara Bermain Game di Ponsel Android tapi Tetap Hemat Baterai